Kenapa hidupku susah terus?

Kenapa hidupku susah terus?

Kenapa hidup susah terus 
Seakan akan Hidup ini Seperti berada di dalam perut ikan,terasa sesak penuh Kesedihan dan kesusahan yang datang silih berganti bertahun tahun lamanya?

Tanpa kamu sadari, semua kesusahan yang kamu alami dalam hidupmu itu bisa saja karena ulahmu sendiri. Karena kamu yang tidak sadar sudah membuat hidupmu yang rumit jadi semakin sulit. Tidak menutup kemungkinan, bahwa segala sesuatu yang terjadi itu memiliki maknanya masing-masing. Bagaimana cara kamu mengatasinya itulah yang jadi penentu kebahagiaanmu.

inilah beberapa penyebab kenapa hidup susah terus seakan akan hidup kita berada di dalam perut ikan terasa gelap penuh kesulitan..
  • Hidup kita selalu diperbudak rasa malas
Orang pemalas tentu susah rejekinya.bagaimana mungkin dapat rejeki sedangkan bangun saja jam 9 pagi sedangkan orang orang diluar sana sudah sibuk mencari rejeki sejak dipagi subuh buta.malas juga merupakan bagian dari sumber kesusahan dan pemicu kesedihan makin bertambah.jadi kalau mau meninggalkan kesusahan maka tinggalkan kemalasan.

  • kita sering menciptakan hidup susah.
Ciri ciri orang yang menciptakan kesusahan masuk pada kehidupannya adalah mereka dengan sikap dan prilakunya selalu saja membuat Alloh murka dan membuat keadaan menjadi rumit baik didalam keluarga maupun ditengah tengah masyarakat. Termasuk pula orang yang menciptakan kesusahan adalah mereka yang pola hidupnya jauh dari Alloh SWT.yaitu gemar maksiat.

  • mengundang kesusahan itu masuk pada kehidupan kita

Hal hal yang mengundang kesusahan itu masuk pada kehidupan kita adalah kita selalu terjerat pada hal hal yang salah padahal kita sadar itu adalah hal hal yang harus kita hindari.contohnya adalah mengganggu ketertiban umum.

bagaimana mungkin masalah tidak masuk pada kehidupan kita kalau perilaku kita sehari hari selalu saja mengundang perkelahian,permusuhan,kebencian mengundang fitnah ,dll

  • kita terjerat pada pergaulan yang salah

Hati hatilah dalam memilih teman bergaul karena jika anda salah dalam menentukan pergaulan maka dalam hitungan detik hidup anda bisa terbawa arus pada kesengsaraan dan kehinaan yang paling menyedihkan..

  • mental mengeluh setiap hari yang membuat kita susah terus menerus.

Yang harus kamu catat adalah..mengeluh tidak akan memberimu apa-apa. Mana mungkin setelah kamu mengeluh keadaan akan berbalik 180 derajat kan? 

Mengeluh hanya akan memperburuk suasana. Sebaliknya jika kamu bisa bersyukur apapun keadaannya, mungkin hal-hal “ajaib” akan terjadi padamu.

  • membandingkan keadaan ekonomi kita dengan orang lain.

dalam urusan dunia maka sebaiknya kita melihat ketaraf dibawah kita dan jangan melihat ke taraf yang lebih tinggi .karena itu akan menyiksa hati kita.

Apalagi sampai kita bermental  panasan..​❞​ maka kita akan selalu dibuat stress ketika orang lain hidupnya lebih maju ekonominya. jadi buatlah keadaan menjadi damai dengan tidak membandingkan ekonomi orang lain dengan dapur kita karena apabila mental panasan selalu tumbuh dihati maka dalam jangka panjang hidup kita akan selalu stress dan dibuat rumit oleh keadaan tersebut.

  • kita susah disebabkan kurangnya sabar,kurang ikhtiar dan kurang sungguh-sungguh mendekat kepada Alloh SWT.

Dialah Alloh SWT yang maha penggenggam rejeki dan dia maha tau segala kebutuhan kita tapi kita hidup kurang mendekat kepadanya.ditambah lagi kita hidup kurangnya sabar baru saja dikasih pekerjaan berat sedikit sudah mengeluh dan bahkan lari dari pekerjaan dengan alasan gaji kecil tapi kerjanya berat !

Lalu jadilah pengangguran .dan ketika sudah nganggur malah makin terpuruk karena kurangnya ikhtiar untuk merubah keadaan menjadi baik.jika demikian hidup kita maka pantas saja kenapa hidup kita selalu susah rejekinya.

jadi bukan Alloh SWT tidak ngasih rejeki tetapi hidup kita yang selalu terperosok pada hal hal yang membuat keadaan menjadi rumit tiada henti-hentinya.

  • dosa dosa lah yang membuat rejeki hidup kita seret dan hidup kita menjadi semakin terhambat.

efek buruk jangka panjang yang diakibatkan dosa itu, jika kita nggak buru- buru memilih untuk bertaubat atau mohon ampun kepada Allah. Salah satu efek buruk itu adalah hati dan pikiran kita yang berubah jadi sempit, atau sumpek. 

Ambil contoh aja, orang yang malamnya mabuk- mabukkan, pas bangun pagi pasti pikirannya sumpek, suntuk, sedih, pokoknya serba nggak enak aja. Nggak mungkin orang yang habis mabuk malamnya, trus pas bangun pagi jadi cerah ceria, seceria wajah-wajah pegawai yang pada habis gajian. 

Atau contoh yang lain, orang yang berzina walaupun mungkin awalnya merasa senang, tapi suatu hari pasti bakal merasa menyesal, sedih dan atau mungkin terpuruk. Kurang lebih begitulah efek buruk pertama dari dosa. 

Dan dengan itu akhirnya kita tahu gambaran dari fitrah hati manusia, yang sebenarnya nggak nyaman saat ketemu dengan dosa.

  • kita akan selalu susah disebabkan kita berpaling dari peringatan Alloh SWT.

Ciri ciri orang yang berpaling dari peringatan Alloh SWT adalah mereka yang meninggalkan perintah Alloh SWT dan melakukan perbuatan perbuatan yang dilarang Alloh SWT.Jadi,susah rezeki itu tidak ada, kecuali kita menciptakannya.

 Kita sengaja tidak mengindahkan perintah Allah, kita sengaja berjalan di jalan yang salah, kita dengan sadar menolak apa yang ditunjukkan Allah sebagai jalan yang benar. 

Kita menjadi manusia yang keras kepala dan menutup diri dari hidayah. Wajar jika rejeki jadi seret hidup nambah susah,nambah masalah dan susah terus menerus.

  • hidup susah itu akibat banyak berprilaku buruk

Di antara kita mungkin ada yang merasa bahwa rezekinya selalu susah, ketiban sial. Kenapa teman di sebelah ada saja rezeki yang dia dapat dan bahkan selalu bertambah rezekinya. Kenapa kita sendiri susah mencari rezeki berupa harta yang cukup, makan sehari-hari susah. Apakah rezeki kita tertahan?Jawabanya ada pada sikap Dan prilaku Kita sendiri..

Ketahuilah...

Sikap yang baik melahirkan rejeki yang baik Dan begitu pula sebaliknya..
prilaku yang baik melahirkan rejeki yang baik Dan begitu pula sebaliknya..

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ

❞ Dan musibah apa saja yang yang menimpa kamu maka itu akibat perbuatanmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu.(QS. Asy Syuraa: 30) 

itulah beberapa alasan kenapa hidup kita lebih sering susah dibanding senang.mudah mudahan bermanfaat